Selasa, 12 Oktober 2010

3 Cristiano Ronaldo

Jelang Kualifikasi Piala Dunia
Belajar Tanpa Ronaldo, Portugal

Porto - Perjalanan Portugal menuju ke babak play-off terganggu dengan absennya Cristiano Ronaldo. CR memang pemain penting, namun lebih penting bagi Seleccao untuk belajar tampil tanpanya.

Kemenangan 3-0 atas Hongaria akhir pekan lalu membawa Portugal mendekati babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2010. Negeri yang terletak di Semenanjung Iberia ini berada di tangga kedua grup 1 dengan poin 16.

Namun kemenangan itu harus ditebus dengan harga mahal. Ronaldo harus ditarik di menit ke-27 akibat cedera. Dalam perkembangan selanjutnya, pemain milik klub Real Madrid itu harus beristirahat selama satu bulan.

Pelatih Portugal Carlos Queiroz mengakui bahwa CR merupakan sosok penting bagi Seleccao. "Ketika Ronaldo tidak ada, menurut saya kami tidak bermain lebih baik sebagai sebuah unit," ujar Queiroz seperti dikutip dari Daily Mail.

"Ronaldo selalu bisa memberikan perbedaan, Kehadirannya bisa menarik dua atau tiga pemain lawan, sehingga membuat pemain lain bisa melakukan tusukan," lanjut pria yang pernah menjadi pelatih Real Madrid itu.

Pentingnya Ronaldo juga diungkapkan oleh pelatih Hongaria Erwin Koeman. "Ketika Anda melihat nama Ronaldo di daftar pemain Portugal, maka Portugal bagaikan memiliki dua pemain dalam satu sosok saja," kata Koeman.

"Keharidan Ronaldo sangat penting bagi Portugal. Ketika ia ditarik keluar, itu merupakan waktu terbaik kami dalam laga tersebut, sebab mereka menjadi di bawah tekanan," imbuh pria asal Belanda itu.

Tengah pekan ini, Portugal akan melakoni laga penentuan untuk tiket play-off. Kemenangan harus direbut, pasalnya anak buah Queiroz cuma unggul satu poin dari peringkat ketiga Swedia.

Portugal beruntung lawan yang akan dihadapi adalah negara mini, Malta. Terlebih laga nanti akan digelar di kandang sendiri. Di perjumpaan pertama, Portugal menang 4-0 dan ketika itu Seleccao tampil tanpa Ronaldo.

Dengan catatan tersebut, maka peluang Portugal untuk menang terbuka lebar. Namun ada hal yang lebih penting yang harus dilakukan Portugal dari laga melawan Malta.

Semifinalis Piala Dunia 2006 itu harus belajar menjalani hari-harinya tanpa Ronaldo. Saat melawan Hongaria, Portugal mampu melesakkan dua gol ketika mantan pemain Manchester United itu sudah ditarik keluar. Berapa gol yang bakal dilesakkan Portugal ketika Ronaldo absen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar